Sari, Wulan Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. eduFisika. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL_A1C313003_WULAN SARI.pdf Download (618kB) | Preview |
Abstract
Fisika atom dan inti merupakan mata kuliah wajib dalam pembelajaran fisika di perguruan tinggi. Mata kuliah yang berbobot 3 SKS ini menggunakan buku terjemahan dan modul cetak di dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukannya inovasi di dalam proses belajar yang dapat menunjang pembelajaran mandiri di rumah. Inovasi pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul elektronik diharapkan mampu mengatasi permasalahan ini. Sejalan dengan hal tersebut penggunaan animasi dan video didalam modul elektronik dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa terhadap mata kuliah fisika atom dan inti. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendesain modul elektronik fisika atom dan inti berbasis 3D Pageflip Professional pada materi konsep dasar fisika inti dan struktur inti. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir modul elektronik dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik fisika atom dan inti materi konsep dasar fisika inti dan struktur inti yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan yang ada pada model pengembangan ADDIE adalah analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Modul elektronik fisika atom dan inti materi konsep dasar fisika inti dan struktur inti yang telah disusun kemudian divalidasi oleh tim ahli untuk selanjutnya diujicobakan pada mahasiswa untuk mengetahui tingkat kelayakan modul berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Hasil analisis dari respon mahasiswa untuk indikator desain sampul modul dengan 4 pernyataan sebesar 13,9 dalam kategori sangat baik, indikator desain isi modul dengan 7 pernyataan sebesar 23,6 dalam kategori sangat baik, indikator desain software modul dengan 4 pernyataan sebesar 13,4 dalam kategori sangat baik, indikator komponen penyajian dengan 1 pernyataan sebesar 3,53 dalam kategori sangat baik, indikator kemudahan pengoperasian dengan 1 pernyataan sebesar 3,4 dalam kategori sangat baik, serta indikator komponen kebahasaan dengan 5 pernyataan sebesar 16,83 dalam kategori sangat baik.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Wulansari |
| Date Deposited: | 19 Jul 2017 06:47 |
| Last Modified: | 19 Jul 2017 06:47 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
