Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi

Alvionita, Wicha (2020) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (9kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1 (1).pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I WICHA FIX sudah diedit b-converted.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V WICHA FIX sudah diedit b-converted.pdf

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media audiovisual pada pembelajaran menulis teks prosedur, penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 14 Kota Jambi pada Februari 2020 hingga Maret 2020, dengan jumlah 30 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi dan tes pada siswa. Setelah hasil tes terkumpul, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks prosedur, kurangnya penggunaan media sehingga membuat siswa tidak tertarik dalam pembelajaran dan terasa membosankan. Siswa kelas eksperimen pada pretest mendapat nilai rata-rata 60,70 sedangkan pada postest nilai rata-rata 80,73 yang mana menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai yang signifikan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya dapat menggunakan media audiovisual pada pembelajaran materi lain. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: WICHA ALVIONITA
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:44
Last Modified: 21 Oct 2020 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14466

Actions (login required)

View Item View Item