PENGARUH MODEL STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP N 3 TEBO

PRIYANTO, WAHYU (2017) PENGARUH MODEL STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP N 3 TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
RRA1C212010-ARTIKEL.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Priyanto, Wahyu. 2017. Pengaruh Model Strategi Peningkatan Kemampuan Berfikir Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sofnidar M.Si, (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata kunci : model strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, sikap ilmiah Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan guru kurang membangkitkan gairah belajar siswa. Implikasinya menyebabkan siswa menjadi pasif karena penerapan model pembelajaran yang sama terus menerus dilakukan dan tidak bervariasi sehingga menimbulkan kebosanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka guru harus mengubah model pembelajaran yang dapat meningkatkan gairah belajar dan sikap ilmiah yang tinggi ysalah satunya dengan model strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir terhadap sikap ilmiah siswa pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 3 Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. dan dimana pada akhir pembelajaran setiap kelas eksperimen maupun kontrol diberikan angket sikap ilmiah. Sampel yang diteliti sebanyak 65 siswa terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan angket, dan lembar observasi. Sedangkan analisis data untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menggunakan uji t dan deskripsi pengaruh penerapan pembelajaran dilihat dari lembar observasi. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket kelas eksperimen sebesar 42.022 sedangkan hasil angket kelas kontrol sebesar 39.034. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji-t dua pihak, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk angket sikap ilmiah diperoleh thitung>ttabel yaitu 2.2733> 1,670. artinya H1 diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir terhadap sikap ilmiah siswa pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 3 Tebo.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: WAHYU PRIYANTO
Date Deposited: 21 Jul 2017 01:54
Last Modified: 21 Jul 2017 01:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item