Analisis Model Pembelajaran SiMaYang Tipe-II pada Materi Titrasi Asam Basa dan Peluangnya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Falah Jambi

Azmi, Nidaul and Zurweni, Zurweni and Fuldiaratman, Fuldiaratman (2020) Analisis Model Pembelajaran SiMaYang Tipe-II pada Materi Titrasi Asam Basa dan Peluangnya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Falah Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)

Abstract

Materi titrasi asam basa memiliki karakteristik kompleks dan abstrak, sehingga untuk memahaminya diperlukan proses mengamati, menanya, melakukan percobaan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan, kemudian hasil yang diperoleh dintegrasikan dengan aspek makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Hasil observasi di kelas XI MIPA 1 SMA Islam Al-Falah Jambi ditemukan pembelajaran masih lekat dengan pendekatan isi daripada pendekatan proses, sehingga keterampilan proses sains yang dimiliki siswa belum optimal. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa adalah model pembelajaran SiMaYang Tipe-II. Penelitian ini disesuaikan dengan kondisi pandemi covid-19 dengan tujuan menganalisis model pembelajaran SiMaYang Tipe-II pada materi titrasi asam basa dan melihat peluangnya untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Islam Al-Falah Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Milles dan Huberman dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di sekolah masih berfokus pada representasi makroskopik dan simbolik dibandingkan dengan representasi submikroskopik. Rata-rata tingkat capaian jawaban respon guru adalah 75% dengan kriteria baik dan rata-rata tingkat capaian jawaban respon siswa adalah 82% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe-II berpeluang untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Nida Ul Azmi
Date Deposited: 23 Oct 2020 02:33
Last Modified: 23 Oct 2020 02:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item View Item