Hidayati, Anisa and Rosmiati, Rosmiati and Putra, Iwan (2020) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM BARU DAN PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 BUNGO. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (628kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (523kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
Abstract
ABSTRAK Hidayati, Anisa. 2020. Pengaruh Penerapan Kurikulum Baru dan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Bungo: Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Rosmiati, S.Pd, M.Pd. (II) Iwan Putra, S.E., M.S.Ak. Kata Kunci:Penerapan Kurikulum Baru, Penerapan Manajemen Berbasis Seolah, Kinerja Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kinerja Guru. Hal ini disebabkan oleh pergantian kurikulum disekolah masih belum diterapkan secara optimal dikarenakan kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum baru. ,selain itu rendahnya manajemen yang diterapkan disekolah masih belum berjalan secara optimal, manajamen disekolah masih cenderung bersifat sentralistik atau bersifat pusat, dimana kinerja guru masih belum maksimal. Pada manajemen berbasis pusat guru hanya diberikan kewenangan 60% untuk melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang postif dan signifikan antara Pergantian Kurikulum terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Bungo. 2) Pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhdapa Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Bungo. 3) Pengaruh yang positif dan signifikan antara Pergantian Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Bungo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto dengan Populasi Guru di SMA Negeri 3 Bungo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik samlingl jenuh dengan jumlah responden 37 guru. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pergantian kurikulum terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Bungo. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikannya 0,022 < 0,05 dan nilai Koefesien regresi variabel Pergantian Kurikulum (X1) sebesar 0,334 bertanda positif serta nilai thitung>ttabel (2,401>1,690). 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Bungo. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikannya 0,005 < 0,05 dan nilai Koefesien regresi variabel manajemen berbasis sekolah (X2) sebesar 0,514 bertanda positif serta nilai thitung>ttabel (2,994>1,690). 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara pergantian kurikulum dan manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Bungo. Ini dapat dibuktikan dengan nilai F sebesar 9,081 pada signifikansi 0,001 serta R2 sebesar 34% .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Anisa` Hidayati |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 02:49 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14566 |
Actions (login required)
View Item |