IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER HAJI OEMAR SAID TJOKROAMINOTO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

MUJAYANTI, DWI (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER HAJI OEMAR SAID TJOKROAMINOTO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (544kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK MUJAYANTI, DWI. 2020. Implementasi Nilai-nilai Karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto dalam Pembalajarn Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMA PGRI 2 Kota Jambi. Skripsi. Prodi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto, Pembelajaran Sejarah. Degradasi karakter peserta didik di sekolah dibuktikan dengan banyaknya kasus seperti aksi buli di lingkungan sekolah sehingga diperlukan penerapan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Implementasi nilai-nilai karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI 2 Kota Jambi, 2)Hambatan dan solusi Implementasi nilai-nilai karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara, hasil observasi dan hasil dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) Implementasi nilai-nilai karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI Kota Jambi dapat dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh pendidik, kemudian diaplikasikan kedalam proses belajar mengajar di kelas. 2) Hambatan dan solusi implementasi nilai-nilai karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI Kota Jambi, hambatan yang ditemukan yaitu minimnya sumber belajar buku-buku tentang Haji Oemar Said Tjokroaminoto, siswa yang memiliki masalah pribadi sehingga belajarnya terganggu. Solusi untuk mengatasi hambatan penerapan nilai-nilai karakter Haji Oemar Said Tjokroaminoto ini yaitu memperbanyak membaca buku tentang tokoh-tokoh pahlawan terutama Haji Oemar Said Tjokroaminoto, mengakses dari internet untuk menggali informasi mengenai Haji Oemar Said Tjokroaminoto dan bagi siswa yang memiliki masalah pribadi bisa konseling dengan guru bimbingan konseling.

Type: Thesis (S1)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dwi Mujayanti
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:32
Last Modified: 23 Oct 2020 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14569

Actions (login required)

View Item View Item