PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2017

Shaulina, Noveria (2020) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2017. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB III NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB V NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN NOVERIA SHAULINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya mahasiswa dalam kegiatan konsumsinya yakni beperilaku konsumtif. Membeli atau menggunakan barang dan jasa secara berlebihan dan bukan berdasarkan pertimbangan yang rasional karena mahasiswa bukan mementingkan faktor kebutuhan melainkan keinginan. Perilaku konsumtif mahasiswa ini disebabkan oleh kurangnya tingkat pemahaman ekonomi atau literasi ekonomi yang dimiliki mahasiswa. Selain itu, faktor konformitas teman sebaya juga mempengaruhi mahasiswa, dimana banyak dari mahasiswa dalam melakukan kegiatan konsumsinya yakni berdasarkan pengaruh dari teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jambi angkatan 2017 (2) Untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jambi angkatan 2017 (3) Untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jambi angkatan 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Jambi. Populasi penelitian ini berjumlah 80 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 17 item untuk literasi ekonomi, 20 item untuk konformitas teman sebaya dan 22 item untuk perilaku konsumtif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 s.d 30 Juni 2020. Data diperoleh dengan menyebarkan angket online melalui google form kepada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jambi angkatan 2017. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi koefisien determinasi terlihat bahwa R2 sebesar 0,572. Hal ini berarti bahwa variabel bebas memberikan sumbangan kepada variabel terikat sebesar 57,2% dan sisanya 42,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa literasi ekonomi (X1) dan konformitas teman sebaya (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: NOVERIA SHAULINA
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:15
Last Modified: 26 Oct 2020 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item