Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi

Kurniawan, Wahyu and Suratno, Suratno and Refnida, Refnida (2020) Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (212kB)
[img] Image
Halaman Pengesahan.jpg

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Wahyu. 2020. Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Suratno, M.Pd., (II) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci : Literasi Ekonomi, Promosi Berbasis Media Sosial, Perilaku Pembelian Impulsif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku pembelian yang dilakukan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari, namun pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa terjadi secara impulsif. Ditandai dengan seringnya mahasiswa membeli barang yang tidak direncanakan dan secara spontan. Hal ini mengakibatkan uang saku yang dimiliki oleh mahasiswa cepat habis sebelum waktunya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tingkat pemahaman mengenai ekonomi atau literasi ekonomi yang dimiliki oleh mahasiswa. Dimana tingkat literasi ekonomi yang cukup dapat mengontrol seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi. Selain itu faktor lain seperti promosi berbasis media sosial juga dapat menyebabkan mahasiswa melakukan pembelian secara impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 2) Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 3) Pengaruh Literasi Ekonomi dan Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Stratifield Propotional Random Sampling dengan jumlah responden 140 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 2) Terdapat pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 3) Terdapat pengaruh Literasi Ekonomi dan Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Literasi Ekonomi dan Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Perilaku Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,464 atau 46,4%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Wahyu Kurniawan
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:07
Last Modified: 26 Oct 2020 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item