PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AR-RAHIMAH KOTA JAMBI

Wahyuni, Putri (2020) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AR-RAHIMAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (276kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di PAUD Ar-Rahimah Kota Jambi ditemukan bahwa secara umum, anak-anak usia 5-6 tahun sudah mampu berbicara dengan baik. Namun, jika diperhatikan lagi berdasarkan indikator pencapaian kemampuan berbicara maka masih banyak anak-anak yang belum memenuhi indikator tersebut. Karena kemampuan berbicara anak kurang optimal, maka penulis menggunakan metode yang berbeda dari guru-guru yaitu dengan menerapkan metode tutor sebaya. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Ar-Rahimah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimental dengan rancangan Pretest-Postest Only Control Group Design. Dimana terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas akan dilakukan dua kali pengukuran yakni pretest dan posttest. Teknik sampling jenuh digunakan pada penelitian ini. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Alat analisis data menggunakan rumus N-gain dan Uji Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari uji Wilcoxon Match Pairs Test yang telah dilakukan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 0,4 sedangkan nilai Zhitung adalah 1,83 artinya Zhitung ˃ Ztabel. Selanjutnya tingkat efektifitas metode tutor sebaya terhadap kemampuan berbicara yang menggunakan rumus N-gain termasuk pada kategori sedang (30 ≤ Ngain ≤ 70) dan memiliki nilai persentase sebesar 68% yang termasuk pada kategori cukup efektif (56% - 75%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Ar-Rahimah Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: WAHYUNI
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:49
Last Modified: 27 Oct 2020 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item