Studi Perbandingan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar pada Materi Stoikiometri Berbantuan Zoom dan WhatsApp

Yusnaidar, Yusnaidar and Syahri, Wilda and Demiati, Demiati (2020) Studi Perbandingan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar pada Materi Stoikiometri Berbantuan Zoom dan WhatsApp. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menempatkan siswa sebagai pusat dari pembelajaran (student centered). Untuk itu, penting bagi siswa mengkonstruksi pengetahuanya sendiri, karena dengan melibatkan siswa selama proses pembelajaran, siswa dapat memahami materi pembelajaran lebih baik, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang sesuai digunakan untuk membatu siswa memperoleh hasil belajar yang baik adalah model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model snowball throwing lebih baik dibandingkan model talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri berbantuan Zoom dan Whatsapp. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Posttest-Only Design With Nonequivalent Group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa tes esai untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi pelaksanaan model oleh guru dan siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pihak kanan, namun sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov smirnov, didapatkan data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas eksperimen, kelas eksperimen I (0,142 < 0,204) dan kelas eksperimen II (0,275 < 0,287). Sementara itu pada uji homogenitas didapatkan data bervarian homogen dibuktikan dengan nilai Fhitung < Ftabel (1,65 < 3,23). Setelah dilakukan uji t pihak kanan maka didapatkan hasil thitung < ttabel (5,19 < 1,68) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang didapat dari penelitian adalah model Snowball Throwing lebih baik dibandingakan model Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri berbantuan Zoom dan WhatsApp.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Demiati
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:44
Last Modified: 27 Oct 2020 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item