NURSAMSI, NURSAMSI (2020) PENGARUH BLENDED LEARNING MODEL’S TERINTEGRASI KERANGKA RESEARCH SKILL DEVELOPMENT (RSD) TERHADAP COLLABORATION SKILLS SISWA SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Nursamsi. 2020 Pengaruh Blended Learning Model’s Terintegrasi Kerangka Research Skill Development (RSD) Terhadap Collaboration Skills Siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing (I), Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si, Pembimbing (II) Raissa Mataniari, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Blended Learning Model’s dan Collaboration Skill Collaboration Skill merupakan keterampilan pembelajaran abad 21 yang dibutuhkan dalam mempersiapkan generasi 4.0 dimana keterampilan ini diperlukan dalam pembelajaran biologi. Namun begitu, mayoritas fakta yang ditemukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi mengungkap bahwa pihak sekolah termasuk para guru masih merasa sulit dalam mengimplementasikan pembelajaran yang dapat melatih keterampilan tersebut kepada siswa. Maka dari itu, integrasi kerangka research skill development (RSD) pada model pembelajaran blended learning diujicobakan pada penelitian ini dapat menjadi solusi untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Fokus penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terintegrasi kerangka RSD terhadap collaboration skills siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh model blended learning terintegrasi kerangka research skill development (RSD) terhadap collaboration skills siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi untuk penerapan model pembelajaran blended learning terintegrasi kerangka research skill development (RSD) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Pembelajaran biologi dengan model Blended Learning terintegrasi kerangka Research Skill Development (RSD) membuat pemahaman peserta didik menjadi lebih dalam dan jelas karena dengan integrasi strategi daring dan non-daring akan membuat pembelajaran biologi menjadi lebih menarik. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA di dan sampel pada penelitian ini yaitu hanya 2 kelas IPA SMA Negeri 5 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran blended learning terintegrasi kerangka research skill development (RSD) baik guru maupun siswa, serta kuisioner yamg menggambarkan persepsi siswa terhadap collaboration skill sebelum dan setelah melakukan pembelajaran. Lalu kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS 21. Terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terintegrasi kerangka research skill development (RSD terhadap collaboration skills siswa pada pelajaran keanekaragaman hayati kelas X IPA SMA Negeri 5 Kota Jambi dilihat dari jawaban dengan lembar kuisioner siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | NURSAMSI |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 01:19 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 01:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14657 |
Actions (login required)
View Item |