UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI

NURFADILLA, AMILDA (2020) UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI TK PERTIWI I KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Amilda 2020 “Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Media Buku Cerita Bergambar Di Tk Pertiwi 1 Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar , FKIP, Universitas Jambi. Pembimbng I Dra. Kasmiati., M.Pd II Dra. Irma Suryani., M.Pd Kata Kunci: Minat Membaca, Cerita Bergambar Penelitian ini dilatar belakangi minat membaca anak usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK Pertiwi I Kota Jambi masih belum meningkat, hal ini terlihat ketika guru mengajak anak untuk belajar membaca, dari 15 anak hanya 5 anak saja yang yang memiliki ketertarikan terhadap buku bacaan dan senang dengan buku bacaan, dan selama ini orang tua selalu meminta kepada guru agar mengajarkan dan memaksakan anaknya untuk belajar membaca secara drill sehingga anak merasa terbebani dan tertekan. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana minat membaca anak sebelum diberikan tindakan melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar, bagaimana minat membaca anak setelah diberikan tindakan dan apakah minat membaca anak dapat meningkat setelah diberikan tindakan metode bercerita dengan media buku cerita bergambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat membaca anak sebelum diberikan tindakan melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar, mengetahui minat membaca anak sesudah diberikan tindakan, dan mengetahui hasil peningkatan minat membaca anak melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang anak pada kelas B 2 di TK Pertiwi I Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan pelaksanaan, Tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan, minat membaca anak sebelum adanya tindakan masih belum meningkat dengan baik dengan nilai 26.28 dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan metode bercerita secara klasikal dengan bantuan media buku cerita bergambar memberikan hasil nilai rata-rata pertemuan (I) 35.45, pertemuan (2) 41.79, pertemuan (3) 45.95, dan petemuan (4) 50.12. Penelitian dilanjutkan pada siklus II karena minat membaca anak belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan. Pada siklus II dilakukan Tindakan dengan metode bercerita secara berkelompok, dengan bantuan media buku cerita bergambar yang dibuat sendiri oleh peneliti sehingga hasil nilai rata-rata pertemuan (1) 72,9, pertemuan (2) 79.62, Pertemuan (3) 83.16, dan pertemuan (4) 86.95 yang dikategorikan sangat baik dan melampaui batas ketuntasan yaitu 80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode bercerita menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan minat membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbng I Dra. Kasmiati., M.Pd II Dra. Irma Suryani., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Cerita Bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMILDA NURFADILA
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:09
Last Modified: 02 Nov 2020 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14682

Actions (login required)

View Item View Item