Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Media E-Learning Tipe Web Centric Course dengan Model Inkuiri Terbimbing Materi Gelombang Cahaya Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi

Utami, Elsi (2020) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Media E-Learning Tipe Web Centric Course dengan Model Inkuiri Terbimbing Materi Gelombang Cahaya Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi dengan menerapkan media e-learning tipe web centric course dengan model inkuiri terbimbing pada materi gelombang cahaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada siklus I proses pembelajaran belum berjalan dengan baik. Hal ini mengakibatkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 60,66% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori cukup aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69,44 dengan persentase jumlah siswa yang berhasil sebesar 52,78% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori belum mencapai KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 75,87% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori cukup aktif. Nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata hasil belajar menjadi 73,61 dengan persentase jumlah siswa yang berhasil sebesar 63,89% dari keseluruhan siswa, meskipun masih berada pada kategori belum mencapai KKM tetapi terjadi peningkatan jumlah siswa yang berhasil belajar sebanyak 4 orang. Pada siklus III terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 80,84% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori aktif. Nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata hasil belajar 77,77 dengan persentase jumlah siswa yang berhasil sebesar 75% dari keseluruhan siswa dan sudah berada pada kategori mencapai atau melewati KKM

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ELSI UTAMI
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:30
Last Modified: 03 Nov 2020 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item