FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD NEGERI 55/I SRIDADI

Nouval, Nouval (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD NEGERI 55/I SRIDADI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Nouval, 2020,”Faktor-faktor yang Memengaruhi Kurangnya Minat Belajar Siswa Laki-laki Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Negeri 55/I Sridadi”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd. (II) Alirmansyah, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Faktor Minat Belajar, Kegiatan Ekstrakurikuler, Budaya Lokal, Seni Tari Ketertarikan mempunyai dampak terbesar pada kegiatan pembelajaran, utamanya ekstrakurikuler. Di SDN 55/I Sridadi, kegiatan ini belum berlangsung lancar sebab kurangnya ketertarikan murid laki-laki guna berpartisipasi di ekstrakurikuler seni tari. Studi ini bermaksud guna memperlihatkan visualisasi tingkat ketertarikan belajar serta faktor pengaruh ketertarikan belajar murid laki-laki di ekstrakurikuler seni tari. Studi ini dilaksanakan di SDN 55/I Sridadi Panggung. Populasi di studi ini ialah seorang pengajar yang memberikan pengajaran kesenian tari serta 65 murid laki-laki dikelas II hingga V. Seluruh bagian populasi di studi ini dipakai selaku sampel yakni 65 murid laki. Studi ini ialah studi deskriptif kuantitatif. Pengimpunan data memakai angket, interview, observasi, serta dokumentasi, sedang pengolahan datanya memakai deskriptif persentase. Capaian studi memperlihatkan visualisasi kadar ketertarikan belajar murid laki-laki di ekstrakurikuler seni tari ada digolongan rendah, bersama rerata 22,52 di rentang < 24, hingga tergolong rendah. Capaian kalkulasi faktor jasmaniah didapat rerata 7,09 di rentang 6 hingga 9, hingga tergolong sedang. Capaian kalkulasi faktor psikologi didapat rerata 21,76 di rentang > 21, hingga tergolong tinggi. Capaian kalkulasi faktor keluarga didapat rerata 22,72 di rentang > 21, hingga tergolong tinggi. Capaian kalkulasi faktor sekolah didapat 36,20 di rentang > 36, hingga tergolong tinggi. Capaian kalkulasi faktor lingkungan didapat rerata 13,29 di rentang > 12, hingga tergolong tinggi. Dikonklusikan ketertarikan belajar murid laki-laki di ekstrakurikuler kesenian tarian berkategori rendah. Disampin itu, faktor jasmaniah ialah faktor berkategori sedang dan faktor keluarga, psikologi, lingkungan, serta sekolahan ialah faktor yang tinggi ketika mempengaruhi ketertarikan belajar murid laki-laki di ekstrakurikuler kesenian tarian. Harusnya terdapat kolaborasi diantara pengajar eksrakurikuler kesenian tarian, pihak sekolah, serta famili guna memunculkan ketertarikan belajar murid laki-laki di ekstrakurikuler kesenian tarian.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NOUVAL
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:49
Last Modified: 03 Nov 2020 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item