Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Materi Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Kelas XI IPA MAN 4 Muaro Jambi

yuniarti, yuniarti Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Materi Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Kelas XI IPA MAN 4 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img]
Preview
Text
A1C112021-ARTIKEL.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Yuniarti. 2017. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Materi Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Kelas XI IPA MAN 4 Muaro Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Epinur, M.Si. Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif, Asam Basa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa kelas XI IPA selama proses pembelajaran kimia. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, maka dari itu perlu diadakan analisis keterlaksanaa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing ditinjau dari aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di MAN 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan uji signifikasi dengan uji t. Rata-rata persentase keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh guru untuk 3 kali pertemuan adalah 76,3% dan oleh siswa 68,7%, dikategorikan baik. Rata-rata persentase kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 68,03% dikategorikan baik. Hasil uji korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh r = 0,524 menyatakan tingkat hubungan sedang. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data normal dan homogen. Hasil uji signifikasi diperoleh thitung >ttabel (2,38>1,753) dengan dk = 15 dan α = 0,05 pada taraf kepercayaan 95% dan berarti hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA MAN 4 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: YUNIARTI
Date Deposited: 21 Jul 2017 04:09
Last Modified: 21 Jul 2017 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item