Analisis Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Materi Koloid dan Peluangnya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi

Nurhayati, Nurhayati and Fuldiaratman, Fuldiaratman and Zurweni, Zurweni (2020) Analisis Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Materi Koloid dan Peluangnya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, UNJA.

[img] Text
1. COVER PDF.pdf

Download (29kB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI PDF.pdf

Download (397kB)
[img] Text
1. BAB I PDF.pdf

Download (386kB)
[img] Text
5. BAB V PDF.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang kritis terhadap pelajaran dan proses pembelajaran yang berlangsung cenderung didominasi oleh guru sehingga terdapat siswa kurang aktif dan kurang mengeluarkan pendapat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Predict-Observe-Explanation. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Predict Observe Explain padamateri koloid dan peluangnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk menganalisis model pembelajaran Predict Observe Explain dan kuesioner digunakan untuk melihat peluangnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih kurang memahami model pembelajaran Predict Observe Explain dan respon guru terhadap model pembelajaran Predict Observe Explain menunjukan respon cukup baik dan respon siswa juga menunjukkan respon positif dengan rata-rata tingkat capaian 77.42% dan termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain belum sepenuhnya dipahami oleh guru. Model Pembelajaran Predict Observe Explain berpeluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dari respon kuesioner guru dan respon kuesioner siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurhayati
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:34
Last Modified: 05 Nov 2020 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

View Item View Item