PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK SMA/MA KELAS X

Septianti, Ginta PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK SMA/MA KELAS X. EduFisika. (Submitted)

[img]
Preview
Text
GintaSeptianti_RSA1C313001-ISI ARTIKEL.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan modulfisika berbasisdiscovery learning materi hukum Newton tentang gravitasiuntuk siswa SMA/MA kelas X serta mengetahui persepsi responden terhadap modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialahResearch and Development dengan menggunakan model ADDIE.Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Kota Jambi pada Mei 2017.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi,angket validasi ahli desain, angket persepsi guru, dan angket persepsi siswa.Data yang telah diperolehadalah data kuantitatif dan data kualitatif.Data kuantitatif kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik inferensial (statistik induktif).Statistik inferensial meliputi statistik parametris dan nonparametris.Statistik inferesial yang digunakan pada pengembangan ini ialah statistik parametris.Sedangkan data kualitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Modul yang dikembangkan adalah modul cetak dengan gambar pada sampul modul sesuai dengan materi hukum Newton tentang gravitasi.Materi pada modul disajikanberdasarkan sintaks discovery learningyang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.Modul berisi materi pengayaan dan lampiran untuk menambah wawasan siswa. Modul juga dilengkapi dengan contoh soal beserta pembahasannya agar siswa dapat lebih memahami cara menyelesaikan permasalahan. Siswa dapat mengevaluasi hasil belajarnya sendiri dengan menjawab soal evaluasi dan mengecek hasilnya dengan melihat kunci jawaban pada modul setelah selesai menjawab soal.Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan desain.Hasil validasi terhadap materi modul adalah 4,00 dan hasil validasi terhadap desain modul adalah 3,43. Modul yang telah dikembangkan juga telahdilakukan uji coba persepsi padaguru fisika, kelompok kecil, dan kelompok besar, dengan hasil: penilaian pada guru adalah 3,89; penilaian pada kelompok kecil adalah 3,50; serta hasil penilaian pada kelompok besar adalah 3,28. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk siswaSMA/MA kelas X dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Kata Kunci:Modul, Discovery Learning, Hukum Newton tentang Gravitasi

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: GINTA SEPTIANTI
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:44
Last Modified: 20 Jul 2017 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item