Prakoso, Rangga Hasian and Suhandi, Andi and Noviyanti, Silvi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR PADA SUBTEMA JENIS JENIS PEKERJAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (265kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (284kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi jenis jenis pekerjaan dan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi pada tema 4 subtema 1 jenis jenis pekerjaan yang valid dan praktis sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran terutama materi muatan IPS tentang jenis jenis pekerjaan Dengan adanya pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memperkaya sumber belajar yang digunakan pada saat proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 84/IV Kota Jambi. Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) Analysis, kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis kurikulum, karakter peserta didik, dan kebutuhan Sumber Belajar. 2) Design, tahap ini membuant rancangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi yang berdasarkan dengan hasil pada tahap analisis. Rancangan yang dibuat dalam bentuk storyboard dan prototype. 3) Development,pada tahap ini meliputi pembuatan produk, melakukan validasi instrumen, validasi Media, validasi Materi, validasi Bahasa. 4) Implementation, pada tahap ini Media pembelajaran Berbasis Aplikasi yeng telah dikembangkan akan di uji pada kelompok Kecil untuk melihat tingkat keperaktisannya. 5. Evaluation, tahap evaluasi adalah melakukan kegiatan evaluasi dari setiap tahap pengembangan. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan pada Media pembelajaran Berbasis Aplikasi yang telah dikembangkan. Media pembelajaran berbasis aplikasi yang dikembangkan berada dalam kategori valid, dan sangat praktis. Hal tersebut terlihat dari: 1) hasil kevalidan produk oleh validator ahli materi mendapatkan skor sebesar 72% (valid), ahli bahasa sebesar 70% (valid) dan ahli media sebesar 82% (valid); 2) hasil kepraktisan produk oleh guru yang mendapatkan skor sebesar 80% (praktis) dan peserta didik sebesar 86% (sangat praktis).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rangga Hasian Prakoso |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 03:25 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14754 |
Actions (login required)
View Item |