STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Mujiyanto, Amad (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan sikap toleransi melalui pendidikan multikultural di kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIC SD Negeri 55/I Sridadi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru wali kelas VI Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki strategi dalam meningkatkan sikap toleransi melalui pendidikan multikultural yaitu dengan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler, menggunakan metode diskusi kelompok, guru memberikan contoh atau tauladan dalam berperilaku kepada peserta didik, guru memberikan nasehat kepada peserta didik dan npenataan tempat duduk peserta didik serta melalui pembiasaan, peserta didik dibiasakan bertoleransi dalam berbagai kegiatan di sekolah

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AMAD MUJIYANTO
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:15
Last Modified: 13 Nov 2020 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item