Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Newman pada Siswa Gaya Belajar Visual

Afrilia, Via Shela (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Newman pada Siswa Gaya Belajar Visual. S1 thesis, Universita Jambi.

[img] Text
cover Skripsi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. halaman pengesahan.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (271kB)

Abstract

Afrilia, Via Shela. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Newman pada Siswa Gaya Belajar Visual: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si., (II) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd. Kata kunci: Bangun ruang, Tahapan Newman, Gaya belajar visual Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan yang dilakukan siswa pada penyelesaian soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang berdasarkan tahapan newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Kota Pagaralam, terdapat 30 siswa yang melakukan tes gaya belajar. Dari 30 siswa yang diberi angket tes gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik, terdapat 9 orang siswa yang menjadi calon subjek karena merupakan siswa dengan gaya belajar visual, kemudian setiap calon subjek diberi tes soal cerita bangun ruang. Dari 9 calon subjek tersebut yang telah diberikan tes soal cerita diambil sebanyak 3 orang yang menjadi subjek penelitian. Adapun instrumen penelitian berupa angket, lembar observasi, think aloud, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang dilihat dari hasil tes soal cerita, think aloud dan wawancara menunjukkan bahwa tidak semua siswa gaya belajar visual melakukan kesalahan pada setiap indikator kesalahan Newman. Siswa dengan gaya belajar visual yang menjadi subjek penelitian hanya memenuhi beberapa indikator kesalahan Newman dalam menyelesaiakan soal cerita bangun ruang. Sedangkan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan subjek penelitian pada soal cerita bangun ruang berdasarkan prosedur Newman diantaranya yaitu, salah dalam menentukan rumus yang akan digunakan, salah dalam mengubah soal kedalam kalimat matematika yang benar, salah dalam memasukkan data kedalam proses penyelesaian, salah dalam melakukan prosedur penyelesaian, salah dalam melakukan operasi perhitungan, salah dalam menuliskan satuan dan notasi, kurang teliti, dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: VIA SHELA AFRILIA
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:11
Last Modified: 10 Nov 2020 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item