DESAIN MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DAN BERBANTUAN MAPLE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP

Overa Sisca, Yuliana (2020) DESAIN MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DAN BERBANTUAN MAPLE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
8. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Yuliana Overa Sisca, 2020. Desain Modul Matematika Berbasis Kontekstual Dan Berbantuan Maple pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd, (II) Ade Kumalasari, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Desain, Modul, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Maple, Kontekstual, Model 3D. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang didukung dengan perkembangan teknologi yang dapat digunakan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis kontekstual dan berbantuan Maple pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitaian ini dilakukan di SMPN 18 Kota Jambi pada Maret 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu define, design, dan development. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dan berbantuan Maple pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP; 2) hasil penilaian modul dari ahli materi sebesar 80% dengan tingkat kevalidan cukup valid dan penilain modul dari ahli media sebesar 86,15% dengan tingkat kevalidan sangat valid; 3) memperoleh penilaian kepraktisan oleh guru sebesar 91,81% dengan tingkat kepraktisan sangat praktis dan penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 88,25% dengan tingkat kepraktisan sangat praktis; 4) kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar terdapat 22 orang siswa yang tuntas dilihat dari KKM dan terdapat 23 orang siswa yang tuntas jika dilihat dari penyelesaian menggunakan Maple sehingga masing-masing persentase ketuntasan mencapai 84,615% dan 88,461% dengan kriteria keefektifan sangat efektif, sedangkan hasil angket respon siswa 87,436% dengan kriteria sangat positif. Modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar oleh peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: YULIANA OVERA SISCA
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:49
Last Modified: 10 Nov 2020 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14787

Actions (login required)

View Item View Item