Pengembangan E-Modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) berbantuan android pada materi segiempat

FITRIYANI, ZELI (2020) Pengembangan E-Modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) berbantuan android pada materi segiempat. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Doc1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (196kB)

Abstract

Zeli Fitriyani, 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics)Berbantu Android pada Materi segiempat di Kelas VII SMPN 18 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, STEM (science, technology, engineering, and mathematics) , Android, segiempat, Model ADDIE. Penelitian ini dilatar belakangi karena mahalnya biaya percetakan dan perawatan bahan ajar modul sehingga dibutuhkan inovasi baru berupa modul dalam bentuk elektronik (E-Modul). Dalam penyusunan e-modul tersebut juga ditambahkan pendekatan STEM yang dapat mengaitkan materi dengan konteks dunia nyata serta menambah wawasan literasi lain selain matematika. Agar e-modul tersebut praktis digunakan maka e-modul tersebut diapalikasikan pada Android sebagai alat bantu dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) yang diaplikasikan pada Andorid pada materi segiempat. Penelitian ini dilakukan di SMPN 18 Kota Jambi pada Maret 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analyze, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Angket diberikan di setiap kegiatan uji coba, untuk uji coba perorangan angket diberikan kepada guru, uji coba kelompok kecil angket diberikan kepada 9 orang peserta didik dengan tingkat kemampuan berbeda-beda, dan uji coba kelompok besar dilakukan kepada satu kelas siswa kelas VII. Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan E-Modul Berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) Berbantu Android pada Materi segiempat untuk siswa kelas VII SMP; 2) hasil penilaian ahli materi sebesar 80 % dengan tingkat kevalidan cukup valid dan penilain ahli media sebesar 80% dengan tingkat kevalidan cukup valid; 3) memperoleh penilaian kepraktisan oleh guru sebesar 85,5% dengan tingkat kepraktisan sangat praktis dan penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 84,4% dengan tingkat kepraktisan sangat praktis; 4) kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar terdapat 26 orang siswa yang mencapai ≥ 75 sehingga persentase ketuntasan mencapai 83.87% sedangkan hasil angket respon siswa 86,98% dengan kriteria sangat efektif serta perolehan rata-rata observasi ditiap pertemuan ialah 83,88%. Modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ZELI FITRIYANI
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:50
Last Modified: 10 Nov 2020 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14788

Actions (login required)

View Item View Item