analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 20 kota jambi

Nuriah Handayani, Endah (2020) analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 20 kota jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
halaman sampul.pdf

Download (28kB)
[img] Text
halaman pengesahan fix.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix (2).pdf

Download (180kB)
[img] Text
bab1 (1).pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII dalam memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis. Dalam penelitian ini indikator kemampuan penalaran matematis yang diukur adalah menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tulisan, kemampuan melakukan manipulasi matematika, kemampuan memeriksa kesahihan suatu argument dan kemampuan menarik kesimpualan dari penyelesaian soal yang telah dikerjakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 20 Kota Jambi, subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa diambil dari 30 orang siswa kelas VIII-A SMP Negeri 20 Kota Jambi. Subjek terpilih merupakan 2 siswa kemandirian belajar tinggi (SKBT), 2 siswa kemandirian belajar sedang (SKBS) dan 2 siswa kemandirian belajar rendah (SKBS). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa (SKBT1 dan SKBT2) pada materi lingkaran secara keseluruhan diperoleh 80% dan 76,66% berada pada kategori tinggi, SKBS1 dan SKBS2 pada materi lingakaran secara keseluruhan diperoleh 55% dan 66,66% berada pada kategori sedang dan SKBR1 dan SKBR2 pada materi lingkaran secara keseluruhan diperoleh 6,66% dan 33,33% berada pada kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian siswa kemandirian belajar tinggi (SKBT1 dan SKBT2) memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi. Siswa kemandirian belajar sedang (SKBS1 dan SKBS2) memiliki kemampuan penalaran sedang dan siswa kemandirian belajar rendah (SKBR1 dan SKBR2) memiliki kemampuan penalaran matematis rendah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ENDAH NURIAH HANDAYANI
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:26
Last Modified: 13 Nov 2020 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item