DESAIN e-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI FUNGSI KELAS X SMA

NAIBAHO, DELA (2020) DESAIN e-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI FUNGSI KELAS X SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan adobe flash pada materi fungsi kelas X SMA dan untuk mengetahui kelayakan/kualitas dari e-Modul. Penelitian pengembangan (Research & Development) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis (Analisis), design (Perancangan), development (Pengembangan), implementatoin (Implementasi), dan evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi e-modul (ahli materi dan desain), lembar kepraktisan e-modul (angket respon pendidik dan peserta didik pada uji coba kelompok kecil), dan lembar keefektian e-modul (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik pada uji coba lapangan) yang divalidasi terlebih dahulu oleh ahli instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul layak untuk digunakan bagi pendidik dan peserta didik. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil validasi ahli materi dan desain masing-masing adalah 95,23 % dan 80 % dengan kategori secara berturut-turut yaitu “Sangat Valid” dan “Valid”. Dari hasil penilaian guru matematika dan peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan masing-masing diperoleh presentase sebesar 95,29 % dan 88,11 % dengan kategori “Sangat Praktis”. Dari hasil lembar observasi keterlaksanaan, lembar penilaian peserta didik terhadap e-modul serta lembar tes hasil belajar peserta didik diperoleh persentase secara berturut-turut yaitu 91,88%, 86,56% dan 81,25% dengan kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dela Naibaho
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:07
Last Modified: 10 Nov 2020 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item