NAIBAHO, DELA (2020) DESAIN e-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI FUNGSI KELAS X SMA. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (171kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (353kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan adobe flash pada materi fungsi kelas X SMA dan untuk mengetahui kelayakan/kualitas dari e-Modul. Penelitian pengembangan (Research & Development) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis (Analisis), design (Perancangan), development (Pengembangan), implementatoin (Implementasi), dan evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi e-modul (ahli materi dan desain), lembar kepraktisan e-modul (angket respon pendidik dan peserta didik pada uji coba kelompok kecil), dan lembar keefektian e-modul (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik pada uji coba lapangan) yang divalidasi terlebih dahulu oleh ahli instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul layak untuk digunakan bagi pendidik dan peserta didik. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil validasi ahli materi dan desain masing-masing adalah 95,23 % dan 80 % dengan kategori secara berturut-turut yaitu “Sangat Valid” dan “Valid”. Dari hasil penilaian guru matematika dan peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan masing-masing diperoleh presentase sebesar 95,29 % dan 88,11 % dengan kategori “Sangat Praktis”. Dari hasil lembar observasi keterlaksanaan, lembar penilaian peserta didik terhadap e-modul serta lembar tes hasil belajar peserta didik diperoleh persentase secara berturut-turut yaitu 91,88%, 86,56% dan 81,25% dengan kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dela Naibaho |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 07:07 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14801 |
Actions (login required)
View Item |