ANALISIS METACOGNITIVE VANDALISM MAHASISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR ARTZT DAN ARMOUR-THOMAS

AGUSTINA SIMANGUNSONG, BASA ULI (2020) ANALISIS METACOGNITIVE VANDALISM MAHASISWA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR ARTZT DAN ARMOUR-THOMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover revisi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
lembar pengesahan scan (ttd dekan).pdf

Download (587kB)
[img] Text
daftar isi revisi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
bab 1 revisi.pdf

Download (445kB)
[img] Text
bab 5 revisi (1).pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegagalan metakognitif mahasiswa (metacognitive vandalism) pada pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses terjadinya metacognitive vandalism mahasiswa pada pemecahan matematika berdasarkan prosedur Artzt dan Armour-Thomas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi yang masih aktif kuliah dan telah lulus mata kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah I. Dari 16 mahasiswa yang diambil sebagai calon subjek dikelompokkan menjadi 3 kelompok berdasarkan cara pemecahan masalah yaitu kelompok 1 adalah kelompok yang menganalisis keterangan satuan “2 km/jam” untuk mencari waktu lamanya mendaki gunung dan menuruni gunung, kelompok 2 adalah kelompok yang menganalisis keterangan satuan “2 km/jam” untuk mencari waktu yang dibutuhkan selama mendaki gunung dan menganalisis keterangan satuan “3 km/jam” untuk mencari waktu yang dibutuhkan selama menuruni gunung kemudian kelompok 3 adalah kelompok yang menggunakan rumus t=s/v untuk mencari waktu yang dibutuhkan selama mendaki dan menuruni gunung. Kemudian, dari 3 kelompok tersebut diambil masing-masing 1 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian. Data penelitian diperoleh dari hasil tes yang dikerjakan mahasiswa dengan metode think aloud dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok 1 mengalami satu (1) kali metacognitive vandalism yang terjadi pada prosedur menerapkan yang diamati dari aktivitas metacognitive regulation. Sedangkan kelompok 2 mengalami dua (2) kali metacognitive vandalism yang terjadi pada prosedur memahami dan menerapkan yang diamati dari aktivitas metacognitive evaluation. Kemudian, ada kelompok 3 mengalami tiga (3) kali metacognitive vandalism yang terjadi pada prosedur memahami, merencanakan dan menerapkan yang diamati dari aktivitas metacognitive awareness dan metacognitive evaluation.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: BASA ULI AGUSTINA SIMANGUNSONG
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:14
Last Modified: 13 Nov 2020 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item