MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI REINFORCEMENT DI TK ISLAM AL-MADANI PARIT CULUM 1 KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

DARWANTI, RINI (2020) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI REINFORCEMENT DI TK ISLAM AL-MADANI PARIT CULUM 1 KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Rini 2020 “Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Reinforcement Di TK Islam Al-Madani Parit Culum 1 Kabupaten Tanjung Jabung Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: 1 Dr. K.A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I. II Dr. Indryani., S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kemandirian, Reinforcement Kemandirian anak usia dini adalah kemampuan atau keterampilan yang dimiliki anak untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Timbul permasalahanya itu anak kurang percaya diri, kurang disiplin dan kurang bertanggung jawab namun untuk menumbuhkan kemandirian anak melalui reinforcement (penguatan) yaitu segala bentuk respon, apakah bersifat verbal ataupun nonverbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku peserta didik. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, menurut Sa’ida menanamkan kemandirian pada anak melalui tugas-tugas yang diberikan terlihat ketika anak mengerjakan tugas-tugasnya secara mandiri, mampu mencuci tangan sendiri. Disamping itu, pembiasaan dan penguatan (reinforcement) diberikan secara konsisten, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemandirian anak usia 4-5 tahun sebelum diberikan reinforcement, bagaimana kemandiran anak usia 4-5 tahun setelah diberikan reinforcement dan apakah reinforcement dapat meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian anak usia 4-5 tahun sebelum diberikan tindakan melalui reinforcement, mengetahui kemandirian anak usia 4-5 tahun setelah diberikan tindakan melalui reinforcement, dan mengetahui hasil peningkatan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui reinforcement. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak pada kelompok A di TK Islam Al-Madani Parit Culum 1 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing 4 kali pertemuan. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan kemandirian menunjukkan bahwa pada saat pratindakan kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Madani masih kurang baik dengan persentase 25,93. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan 1 kemandirian anak usia 4-5 tahun sebesar 26,9 siklus I pertemuan 2 sebesar 33,93 siklus I pertemuan 3 sebesar 42,708 dan siklus I pertemuan 4 sebesar 58,38 Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 kemandirian anak usia 4-5 tahun sebesar 67,44 siklus II pertemuan 2 sebesar 76,458 siklus II pertemuan 3 sebesar 82,935 dan siklus II pertemuan 4 sebesar 88,151 yang dikategorikan berkembang sangat baik dan melampaui batas ketuntasan yaitu 80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan kemandirian anak usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan melalui reinforcement di Tk Islam Al Madani Parit Culum Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: 1 Dr. K.A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I. II Dr. Indryani., S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Reinforcement
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RINI DARWANTI
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:13
Last Modified: 13 Nov 2020 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item