PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI

AFRIYANA, AFRIYANA (2020) PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (139kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Afriyana . 2020 Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahundi TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Dr. Drs. Sukendro. M. Kes, AIFO dan Pembimbing II Dr. KA. Rahman, M.Pd.I Kata Kunci : Permainan Kooperatif, Perkembangan Sosial, Anak Bermain kooperatif merupakan kegiatan bermain yang dapat melatih anak menentukan teman lainnya dalam mengerjakan tugas yang diberikan, selain itu melatih anak untuk saling berinteraksi dengan teman sebayanya. Majunya perkembangan dalam sosial media membuat kurangnya perkambangan sosial anak, anak usia dini terbiasa menggunakan android, dimana android ini sendiri membuat kecanduan tersendiri pada anak usia dini sehingga berdampak terhadap perkembangan sosialnya, anak jadi kurang berinteraksi dengan lingkungannya, Maka dari itu peneliti melakukan penelitian yag berjudul “Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman yang menggunakan rancangan pretes dan postest. Desain ini penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design.. Pengolahan hasil penelitian menggunakan program statistik SPSS. Dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 16 orang anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Berdasarkan hasil analisis data diatas diketahui bahwa nilai t hitung sebesar -10,441 dan berada pada daerah penolakan Ho atau daerah penerimaan Ha. Sedangkan nilai probabilitas atau Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Dilihat dari uji t nilai thitung > ttabel dimana -4.947 > 2.1314 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi pada kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol ditemukan nilai thitung > ttabel dimana -4.915 > 2.1314 maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi pada kelompok kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa permainan kooperatif dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai selisih antara pretest dan postest kelompok eksperimen dan nilai pretest dan postest kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan kooperatif yang diterapkan memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan sosial anak

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. Sukendro. M. Kes, AIFO dan Pembimbing II Dr. KA. Rahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Permainan Kooperatif, Perkembangan Sosial, Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AFRIYANA
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:13
Last Modified: 24 Nov 2020 03:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item