ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA TIPE THINKING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

FEBRIANTI, FEBY (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA TIPE THINKING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Febrianti, Feby. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Tipe Thinking dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dra. Roseli Theis, M. S., (2) Dr. Mujahidawati, M. Si. Kata kunci: kemampuan representasi matematis, siswa thinking, soal cerita matematika Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis yang dilakukan siswa tipe thinking dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tanah Sepenggal pada Mei 2019. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Tanah Sepenggal dengan tipe kepribadian thinking. Instrument dalam penelitian ini adalah tes kepribadian MBTI untuk mengetahui tipe kepribadian siswa, lembar soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi yang dilakukan oleh siswa berkepribadian thinking dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel dilihat dari hasil tes soal cerita matematika dan hasil wawancara menunjukkan bahwa tidak semua siswa tipe thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian memenuhi indikator representasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel. Siswa yang memiliki kepribadian thinking yang terpilih sebagai subjek penelitian berjumlah 4 orang. Berdasarkan kemampuan representasi matematis siswa tipe thinking dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel diperoleh bahwa hanya satu subjek kepribadian thinking yang tidak memenuhi indikator representasi matematis, yaitu subjek KT4.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FEBY FEBRIANTI
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:56
Last Modified: 13 Nov 2020 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item