MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Fajri, Khairul (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (899kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
8. FAJRI, DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Fajri, Khairul. 2020. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Yundhi Fitrah, M.Hum., Ph.D., (II) Dr. Warni, M.Hum. Kata kunci : keterampilan, pendekatan kontekstual, puisi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisidengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada Mei 2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan lembar kerja siswa sebagai bahan pengolahan data dengan 3 siklus. Yakni, prasiklus, siklus I, dan siklus II. Keterampilan menulis puisi siswa kelas X IPA 1 meningkat 33,4% dari prasiklus ke siklus I kemudian meningkat kembali sebesar 41,7% dari siklus I ke siklus II. Sehingga dari prasiklus hingga siklus II keterampilan menulis puisi siswa meningkat secara klasikal sebesar 75,1%. Pendektan kontekstual sangat berpengaruh bagi keterampiln menulis puisi, terhadap proses berpikir kreatif siswa dan dapat membantu siswa untuk menemukan ide-ide serta kosa kata yang belum terpikir sebelumnya oleh mereka. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru menerapkan pendekatan kontekstual agar siswa dapat menulis puisi dengan lebih kreatif dan pembelajaran berjalan dengan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konntekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan peningkatan pada setiap aspek yang dinilai. Guru Bahasa Indonesia dapat menggunakan pendekatan kontekkstual dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: KHAIRUL FAJRI
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:13
Last Modified: 13 Nov 2020 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item