PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI TK HAROKATIL ISLAMIAH MUARO JAMBI

NINGSIH, WIDA (2020) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI TK HAROKATIL ISLAMIAH MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Wida Ningsih 2020 Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A Di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi, Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I, dan Pembimbing II Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Kata Kunci : metode quantum learning, kemampuan mengenal lambang bilangan, anak Metode Quantum Learning adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan menggunakan quantum lerning dalam mengenal bilangan anak diajak untuk belajar sambil bermain senyaman mungkin sehingga anak tidak menyadiri bahwa sedang belajar. Dalam observasi penelitian ini peneliti menemukan anak masih kesulitan menunjukkan lambang bilangan, anak masih terbalik-balik menyebutkan dan menunjukkan lambang bilangan satu dan yang lain, misalnya menulis angka 5 seringkali terbalik, menulis angka 6 dan menulis angka 2, anak masih ragu dalam menghubungkan dan mengurutkan lambang bilangan, dalam mengajar lambang bilangan tidak semua anak fokus dalam belajar, ada beberapa anak belajar langsung perhatian teralihkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh metode quantum learning efektif terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi, dalam penelitian ini quantum learning menggunakan teori dari Fadlillah dan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan teori dari sumber kurikulum 137 Tahun 2013, Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat Apakah pengaruh metode Quantum Learning efektif terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi? Hipotesis penelitian ini adalah Terdapat pengaruh metode Quantum Learning yang efektip terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen. jenis penelitian ini adalah sebelum dan sesudah penelitian dimana variabel bebas adalah metode Quantum Learning yang efektip dan variabel terikat kemampuan mengenal lambang bilangan. Populasi dalam penelitian ini ada 30 orang anak dan sampel penelitian berjumlah 15 orang anak kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan yaitu menggunakan teknik purposive sampling, hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode Quantum Learning yang efektip terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi, dimana teknik pengumpulan data menggunakan angket Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh pelaksanaan metode quantum learning terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi, terbukti dengan hasil perhitungan uji N-Gain scor, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen (metode quantum learning) adalah sebesar 14.8203 atau 14.8 % termasuk dalam kategori tidak efektif dilihat dari Kategori Tafsiran Efektifitas N-Gain < 40 . Dan pada kelas kontrol nilai N-Gain score minimal 4 % dan maksimal 25 %, sementara untuk rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol (metode Quantum Learning) adalah sebesar 13.23 atau sebesar 13.23% termasuk dalam kategori tidak efektif dengan nilai N-Gain score minimal 4.76% dan maksimal 30.65% dilihat dari Kategori Tafsiran Efektifitas N-Gain < 40. Maka dalam penelitian pada kelas kontrol dan eksperimen dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode Quantum Learning terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Harokatil Islamiah Muaro Jambi namun dalam hasil penelitian ini masih tidak efektif dimana dilihat dari Kategori Tafsiran Efektifitas N-Gain < 40

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I, dan Pembimbing II Dr. Drs. Haryanto, M.Kes
Uncontrolled Keywords: metode quantum learning, kemampuan mengenal lambang bilangan, anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIDA NINGSIH
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:24
Last Modified: 18 Nov 2020 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item