MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN KELOMPOK B DI TK PELANGI PULAU PAUH KECAMATAN RENAH MENDALUH

YUFINA, YUFINA (2020) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN KELOMPOK B DI TK PELANGI PULAU PAUH KECAMATAN RENAH MENDALUH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Yufina 2020 Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Kelompok B di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Dr.Dra. Destrineli, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Indryani, S.Pd, M.Pd.I Kata kunci : Metode Bermain Peran, Kedisiplinan, Anak Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan pada anak untuk perkembangan tahap selanjutnya. Anak yang akan berhasil dimasa yang akan datang, anak yang perilaku disiplinnya tinggi dan mempunyai tanggung jawab yang tinggi Dimana masalah yang ditemukan di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh kedisiplinan anak yang belum berkembang seperti 1) tidak sabar menunggu giliran, 2) tidak membuang sampah pada tempatnya, 3) datang kesekolah tidak tepat waktu, 4) ada anak yang masih kurang percaya diri dan belum mau mengikuti kegiatan pembelajaran kedisiplinan. Jika hal ini dibiarkan, maka perilaku kedisiplinan anak selanjutnya akan terhambat. Maka dari itu penulis sangat tertarik dengan judul “Meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode bermain peran Kelompok B di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh”. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode bermain peran Kelompok B di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh. Dalam penelitian ini kedisiplinan menggunakan teori dari Soefandi dan Ahmad Pramudya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode bermain peran Kelompok B di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan persentase kemampuan anak pada pratindakan 25.60%, Siklus I pertemuan I sebesar 48.96%, Pertemuan II 53.08% dengan peningkatan sebesar 4.12 % dan masih berada belum berkembang dari indikator keberhasilan yang ditentukan, Pertemuan III 61.95% dan Pertemuan IV 66.27% dan sudah mulai menunjukkan peningkatan dan berada pada kriteria mulai berkembang. Siklus II Pertemuan I 67.06%, Pertemuan II 73.31% dengan peningkatan sebesar 6.25 % dan sudah mulai menunjukkan peningkatan dan berada pada kriteria berkembang sesuai harapan, Pertemuan III 76.14% Pertemuan IV meningkat 85.81% dengan peningkatan sebesar 9.67 % berada pada kriteria berkembang sangat baik berdasarkan pada indikator keberhasilan yang sudah ditentukan melebihi dari indikator ketuntasan minimal 80% Dari hasil yang telah didapatkan melalui pengamatan sebanyak 8 kali pertemuan menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B di TK Pelangi Pulau Pauh Kecamatan Renah Mendaluh.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr.Dra. Destrineli, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Indryani, S.Pd, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Kedisiplinan, Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YUFINA
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:23
Last Modified: 18 Nov 2020 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14820

Actions (login required)

View Item View Item