hajar, khaini and Destrinelli, - and Hayati, Suci (2020) Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Interpersonal Siswa di Kelas IV SD Negeri 84\IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (106kB) |
|
Text
Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf Download (105kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (210kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (93kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi yang diterapkan Guru dalam Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Interpersonal Siswa di Kelas IV SD Negeri 84\IV Kota Jambi. Dengan Jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan penelitian fenomenologi menggunakan uji validitas data dengan metode triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas IV D, teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas IV D menerapkan beragam strategi dalam menumbuhkan keterampilan berkomunikasi interpersonal siswa selama pembelajaran yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru disesuaikan dengan karakteristik dan keadaan siswa (2) Guru menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa yang sederhana yakni bahasa Indonesia dengan beberapa kesempatan disisipkan dengan bahasa daerah sehari-hari yang mudah dipahami oleh siswa (3) Ketika memanggil siswa, guru menyebut nama siswa sehingga emosi antara guru dan siswa terasa lebih akrab dengan beberapa kali menjalin komunikasi secara langsung dengan siswa (4) Guru menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan efisien selama pembelajaran (5) Memberikan kombinasi terhadap pembelajaran dengan berbagai permainan, ice breaking dan yel-yel penyemangat (6) Pembelajaran lebih dominan dilakukan secara berkelompok dengan metode diskusi dan dalam posisi duduk yang diatur secara berkelompok (7) Guru melatih siswa untuk percaya diri berkomunikasi interpersonal di depan kelas dengan mengarahkan siswa untuk menceritakan dirinya di depan kelas juga membiasakan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dengan mengungkapkan isi pikiran, gagasan maupun pertanyaan (8) Memberikan reward dan pujian terhadap siswa yang berani menyampaikan isi pikirannya (9) Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk mampu menselaraskan antara intonasi, mimik, ketika berbicara maupun ketika membaca teks bacaan khususnya pada teks dialog (10) Serta guru juga melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Selain itu, ada pula beberapa kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kurangnya sarana sekolah, hingga jumlah siswa yang melebihi kapasitas, hal ini dapat menghambat terjadinya komunikasi interpersonal yang ideal menyeluruh sekaligus.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KHAINI HAJAR |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 03:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14844 |
Actions (login required)
View Item |