Peran Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Kurnia, Anggi and Syahrial, Syahrial and destrinelli, destrinelli (2020) Peran Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam menumbuhkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis video. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang digunakan sebagai data utama dan data kuantitatif sebagai data pendukung. Penelitian ini dilakukan melalui pengamatan terhadap video-video pembelajaran yang terdapat pada platform Youtube. Data penelitian diperoleh dengan cara mengobservasi video pembelajaran oleh tiga evaluator (termasuk peneliti). Setelah itu data dinarasikan dalam bentuk naratif dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam setiap langkah-langkah model pembelajaran PjBL memiliki peran penting dalam menumbuhkan kreativitas siswa sekolah dasar. Maksudnya, kreativitas siswa dimunculkan di setiap tahapan model PjBL pada kegiatan inti pembelajaran yaitu: penentuan pertanyaan mendasar (start with the essential question), mendesain perencanaan proyek (design a plan for the project), menyusun jadwal proyek (create a schedule), monitoring siswa dan kemajuan proyek (monitor the students and progress the project), menguji hasil (assess the outcome) dan mengevaluasi pengalaman (evaluate the experience). Dari kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam keenam tahapan tersebut mampu menumbuhkan dan memunculkan 18 (delapan belas) indikator kreativitas siswa saat proses pembelajaran. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan berdasarkan analisis video pembelajaran, untuk membuktikan pengaruh langkah-langkah PjBL dalam menumbuhkan kreativitas siswa diperlukan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampe yang memadai serta pengkondisian yang ketat.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ANGGI KURNIA
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:21
Last Modified: 18 Nov 2020 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14861

Actions (login required)

View Item View Item