PENERAPAN STRATEGI KEGIATAN MEMBACA BERPIKIR TERARAH (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DALAM MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR

Fauzia, Viradika and maryono, maryono and Noviyanti, Silvina (2020) PENERAPAN STRATEGI KEGIATAN MEMBACA BERPIKIR TERARAH (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DALAM MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan review hasil publikasi jurnal Penerapan Strategi Kegiatan Membaca Berpikir Terarah (Directed Reading Thinking Activity) Dalam Memperbaiki Proses Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan pendekatan Kualitatif. Studi pustaka yaitu penelitian yang mengkaji jurnal-jurnal penelitian dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA berdasarkan penerapan di lapangan yang ada di artikel jurnal. Data dalam penelitian berupa deskripsi yang diambil dari hasil-hasil penelitian pada topik Penerapan Strategi Kegiatan Membaca Berpikir Terarah (Directed Reading Thinking Activity) dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online yang terindeks google scholar. Jumlah jurnal-jurnal dan artikel yang digunakan yaitu sebanyak 8 buah jurnal. Hasil penelitian ini yaitu dari 8 buah jurnal yang diteliti berupa penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen dari tahun 2011 hingga 2019 dapat disimpulkan : 1) Strategi DRTA dapat efektiv apabila dilaksanan sesuai dengan langkah-langkah yang ada yaitu membuat prediksi, membaca teks, dan membuktikan prediksi dengan teks sesungguhnya dan langkah-langkah ini berhubungan dengan teori belajar Bruner. 2) guru memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran menggunakan strategi DRTA ini, peran guru yang dimaksud yaitu sebagai fasilitator, moderator, motivator dan evaluator. 3) strategi DRTA dapat meningkatkan aktivitas siswa menjadi lebih aktiv, antusias dan berpikir kritis. 4) sarana dan prasarana juga mendukung keberhasilan strategi ini dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Viradika Fauzia
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:52
Last Modified: 25 Nov 2020 01:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item View Item