PENERAPAN LAYANA N BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI PANTI ASUHAN YATIM MUHAMMADIYAH/ AISYIYAH JAMBI

yulianti, Tiara (2020) PENERAPAN LAYANA N BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI PANTI ASUHAN YATIM MUHAMMADIYAH/ AISYIYAH JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (108kB)

Abstract

Oleh: Tiara Eka Yulianti, Rasimin, Fellicia Program Studi Bimbingan Konseling Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Indonesia Email: tiaraekayulianti@gmail.com ABSTRAK Program sekolah sebagai lembaga pendidikan formal tidak sekedar bermaksud mengembangkan aspek intelektual saja. Sekolah didirikan untuk membantu keluarga dalam mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak agar menjadi siswa seutuhnya. Salah satu hambatan atau masalah yang sering dihadapi siswa adalah percaya diri yang rendah. Rasa percaya diri pada usia remaja merupakan hal yang sangat penting, karena pada saat itu remaja seharusnya mantap dalam mengambil sebuah keputusan dan tidak mudah terpengaruh, tidak tergantung orang lain, dan yakin terhadap kemampuan sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di panti asuhan yatim muhammadiyah/aisyiyah Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa panti asuhan yatim muhaammadiyah/aisyiyah Jambi yang dikategorikan kurang memiliki kepercayaan diri dipilih berdasarkan wawancara dengan pengurus panti, pendamping siswa di panti, dan hasil pengamatan peneliti. Berdasarkan hasil yang didapat setelah pelaksanaan Siklus 1,2 dan 3 maka diperoleh hasil pada setiap siklus mengalami peningkatan yang dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik penguatan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di panti asuhan yatim Muhammadiyah/aisyiyah Jambi. Hal tersebut juga terlihat pada setiap siklus yang dilakukan adanya peningkatan hasil aktivitas siswa pada saat pelaksanaan teknik penguatan. Kata Kunci: Teknik Penguatan, Kepercayaan Diri Siswa

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: TIARA EKA YULIANTI
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:52
Last Modified: 25 Nov 2020 01:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14980

Actions (login required)

View Item View Item