ANGGRAINI, RIZKA (2020) PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (405kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (397kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Nama : Rizka Anggraini NIM : A1E115059 Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi,M.Pd. Kata Kunci : Kecanduan Game Online; Interaksi Sosial Sebagai makhluk sosial, interaksi merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia dalam kesehariannya. Soekanto dan Sulistyowati (2015:54) mengungkapkan bahwa interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial. Interaksi sosial dapat terjadi apabila orang-orang perorang atau kelompok-kelompok manusia bekerja sama, saling berbicara, dan seterusnya untuk mencapai suatu tujuan bersama, mengadakan persaingan, pertikaian dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil survei awal menunjukkan 56% dari 60 siswa tergolong pada frekuensi berat atau bermain game online lebih dari dua jam sehari atau 14 jam seminggu (Griffiths 2010:304 & 305). Persentase tersebut menunjukan terdapat banyak siswa yang kecanduan bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah Mengungkapkan ada tidaknya pengaruh kecanduan game online terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini hanya dilakukan kepada siswa kelas VIII, berdasarkan bentuk interasksi sosial dan kriteria kecanduan game online. Soekanto & Sulistyowati (2017:64) menjelaskan beberapa bentuk interaksi sosial dalam proses yang asosiatif yaitu kerjasama, akomodasi dan asimilasi. Syahran, R (2015:88) mengungkapkan ada beberapa ciri-ciri seseorang dikatakan gamer atau kecanduan game online, seperti selalu memikirkan tentang game, mencari waktu untuk bisa bermain game, meminta perangkat game, pandai menyimpan uang jajan untuk bermain game, bahkan sampai berbohong dengan keluarganya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mennyebarkan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji analisis regresi. Hasil dari pengolahan SPSS v 20 diperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel Kecanduan Game Online terbukti memiliki pengaruh terhadap variabel Interaksi Sosial yaitu 22.1% yang dimaknai cukup tinggi. Saran peneliti yaitu siswa hendaknya lebih memperhatikan waktu dalam bermain game online agar dapat menyeimbangkan diri dalam beberapa aspek yang terpengaruh terutama interaksi sosial yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi penelitian terhadap program BK yaitu dapat menggunakan beberapa layanan BK seperti layanan penempatan dan penyaluran dalam memilih jenis game online yang edukatif ataupun mengadakan seminar parenting mengenai dampak negatif kecanduan game online serta pengaruh yang ditimbilkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kecanduan Game Online; Interaksi Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZKA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 02:30 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 02:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14996 |
Actions (login required)
View Item |