rofingatun, rofingatun (2020) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
Rofingatun, 2020. Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Rasimin, M.Pd. (II) Hera Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: konformitas, teman sebaya, perilaku menyontek Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya kecurangan siswa dalam menjawab pertanyaan ujian yang terjadi di lingkungan sekolah. Salah satu faktornya yaitu adanya pengaruh sosial pada masa remaja. Hubungan pada masa remaja dapat mempengaruhi perubahan sosial yang ada dalam diri siswa. Konformitas merupakan bentuk pengaruh sosial yang dapat mempengaruhi sikap siswa. Sejalan hasil wawancara pada tanggal 29 April 2019 pada masa remaja masih terdapat pengaruh yang kuat antar teman sebaya bergantung lagi dengan teman bermainnya. Bentuk konformitas yang terjadi seperti adanya ajakan dari siswa lain untuk melakukan perilaku menyontek. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tingkat konformitas teman sebaya siswa, (2) Mendeskripsikan tingkat perilaku menyontek siswa, (3) Mendeskripsikan pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Sampling penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa secara daring sesuai dengan kriteria yang berjumlah 113 siswa. Setelah angket terkumpul, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase berdasarkan Kontinum Interval Normatif (KIN) dan regresi linear sederhana menggunakan SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum siswa yang melakukan perilaku menyontek sebesar 42% dengan frekuensi 48 siswa pada klasifikasi sedang. Konformitas teman sebaya sebesar 44% dengan frekuensi 50 siswa pada klasifikasi sedang. Nilai sighnifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek sebesar 14,1% dalam artian kriteria penafsiran pengaruh yang diberikan rendah tapi pasti. Dari hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah meningkatkan budaya sekolah dalam hal nilai kejujuran dan rasa kepercayaan diri siswa. Disamping itu, para guru untuk memperkuat kerjasama yang baik agar siswa dapat mengedepankan aturan sekolah ataupun nilai kejujuran dalam berkompetisi di sekolah. Selanjutnya, untuk meningkatkan nilai kejujuran siswa dalam mengerjakan soal ujian, guru BK dapat memberikan layanan BK.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | ROFINGATUN |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 04:19 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |