METODE KATA LEMBAGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Pristiani, Yulian (2020) METODE KATA LEMBAGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (214kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI,GAMBAR,TABEL,LAMPIRAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (290kB)

Abstract

Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada topik metode kata Lembaga dalam peningkatan keterampilan membaca pada sekolah dasar di Indonesia yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online yang terindeks google scholar. Jumlah jurnal-jurnal yang diperleh yaitu sebanyak 5 jurnal penelitian yang tela diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu dari 5 buah jurnal yang diteliti berupa penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen yaitu dapat disimpulkan bahwasanya dari 5 buah jurnal yang diteliti dapat disimpulkan: 1) metode kata lembaga dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik. 2) metode kata lembaga dapat dikombinasikan dengan kerja kelompok dan bermain. 3) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode kata lembaga untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. 4) metode kata lembaga mampu meningkatkan kretivitas peserta didik dalam membaca permulaan. Metode kata lembaga mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didikari jurnal-jurnal tersebut keterampilan berbicara siswa meningkat setelah dilakukan tidakan selama dua siklus da nada juga 3 siklus. Metode kata lembaga dapat dipadukan dengan kerja kelompok dan bermain.5)Terdapat pengaruh yang signifikan metode kata lembaga dan keterampilan membaca Metode kata lembaga dapat meningkatkan kreativitas membaca permulaa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar pemanfaatan Metode Kata Lembaga dapat ditingkatkan untuk Keterampilan Membaca Permulaan. kepada guru untuk bisa memilih metode yang sesuai dengan pelajaran yang akan dilakukan agar dapat mendapatkan tujuan yang akan dicapai, dan dapat memilih metode yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik. Keterampilan membaca sangatlah penting untuk diajarkan di kelas awal, pada proses pembelajaran harus ada penunjang untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik salah satunya yaitu menggunakan Metode Kata Lembaga.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yulian Pristiani
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:17
Last Modified: 30 Nov 2020 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item