Instrumen Penilaian Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi

Roza, Eliya Instrumen Penilaian Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi. EDUFISIKA.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika Dasar di program studi Pendidikan Fisika UNJA yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development / R&D). Langkah-langkah pengem-bangan produk berdasarkan langkah-langkah Juknis pengembangan perangkat penilaian afektif (Direktorat, 2010) dibatasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Adapun tahap-tahap pengembangannya yaitu: Menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan pedoman penskoran, menelaah instrumen, merakit instrumen, melakukan uji coba, menganalisis hasil uji coba, dan menyempurnakan instrumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan mengumpulkan data berdasarkan saran dan komentar dari validator dalam bentuk tekstural yang dijadikan sebagai pertimbangan dalam melakukan Perbaikan produk. Sedangkan metode analisis faktor yang meliputi uji KMO-MSA dan Barlett test of Sphericity digunakan untuk menguji validitas, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan menghitung alpha cronbach’s menggunakan software SPSS statistic 21 for windows. Adapun produk yang dikembangkan berupa angket dan pedoman wawancara untuk menilai sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika Dasar, yang dimensi sikapnya dikembangkan dari Test of Science Related Attitude (TOSRA) dan angket Iksan dkk (2006). Berdasarkan telaah ahli Produk telah valid secara teoritik yang meliputi aspek konstruksi, subtansi, dan bahasa. Sedangkan Uji coba empirik dilakukan pada produk angket. Secara empirik terdapat 31 item angket yang valid dan reliabel. Dimana koefisien reliabilitas angket sebesar 0,839 termasuk instrumen yang sangat reliabel. Produk akhir dinilai layak digunakan secara langsung dan dapat dikembang-kan lebih lanjut dengan acuan kisi-kisi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: ELIYA ROZA
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:38
Last Modified: 24 Jul 2017 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item