Analisis Pembelajaran Online Selama Libur Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 129/X Sungai Tering

Nurfitriana, Nurfitiriana and Suhandi, Andi and Sherly Pamela, Issaura (2020) Analisis Pembelajaran Online Selama Libur Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 129/X Sungai Tering. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
CAVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (432kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Pandemi covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di sekolah terpaksa diubah dari pertemuan tatap muka menjadi pembelajaran online Tidak ketercuali di SD Negeri 129/X Sungai Tering juga melakukan pembelajaran onlinedengan menggunakan aplikasi yakni whatsappgrub. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bagaimanaanalisis pembelajaran online selamalibur pandemi covid-19 pada siswa kelas IV SD Negeri 129/X Sungai Tering. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 129/X Sungai Tering.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan mengenaianalisis pembelajaran online selama libur pandemi covid-19 pada siswa kelas IV SD Negeri 129/X Sungai Teringyaitu : 1). Kemampuan teknologi dan ekonomi dari masing-masing siswa berbeda,2) Tidak semua siswa mempunyai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan proses pembelajaran jarak jauhdan, 3). Koneksi jaringan yang sulit. Akan tetapi proses kegiatan belajar tetap terus berjalan. setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing dalam proses pembelajaran, seperti melakukan proses pembelajarandengan memanfaatkan aplikasi whatsapp grubdalam menyampaikan pelajaran dan melakukan (home visit) kunjungan langsung ke kerumah siswa, karena materi yang disampaikan melalui pembelajaran online belum semua siswa bisa memahami dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Namun, pembelajaran online hanya efektif untuk menyampaikan tugas untuk membuat siswa dalam memahami materi dan tugas-tugas secara online dinilai sulit.Guru juga tidak dapat memantau secara langsung hasil kerja siswa sehingga hasilnya kurang maksimaldan menjadi kurang efektif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Nurfitriana
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:04
Last Modified: 01 Dec 2020 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15125

Actions (login required)

View Item View Item