Hanifah, Wita (2020) Pengaruh Penerapan Group to Group Exchange terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.
Text
BAB I.pdf Download (81kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (32kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (14kB) |
Abstract
Hanifah, Wita. 2020. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh, Strategi Pembelajaran, Group to Group Exchange, Pemahaman Konsep Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu tujuan pembelajaran matematika untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang telah ditetapkan Permendikbud (2014) bahwa agar peserta didik memiliki kemampuan, yaitu memahami konsep matematika. Berdasarkan hasil observasi dilakukan di MTs Negeri 3 Kota Jambi didapat bahwa siswa megalami banyak kendala, salah satunya kurangnya kemampuan akan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu faktor yang cukup memengaruhi kondisi ini adalah kurang menariknya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah strategi pembelajaran Group to Group Exchange. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 274 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran Group to Group Exchange dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data tes dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test. Setelah dilakukan analisis, didapatkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 68,13 dan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 80,61. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Group to Group Exchange memberikan pengaruh terhadap meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi koordinat kartesius siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WITA HANIFAH |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 02:47 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15126 |
Actions (login required)
View Item |