MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN MUARA TEMBESI TAHUN 2019/2020

SAPUTRI, WIDYA MELINDA (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN MUARA TEMBESI TAHUN 2019/2020. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK Widya Melinda Saputri, 2020. Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Kooperatif Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Muara Tembesi. Skripsi, PG PAUD FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I. Kata Kunci : Sosial Emosional, Bermain Kooperatif Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Muara Tembesi masih belum meningkat, dari 21 anak 5 anak saja yang mulai berkembang. Dalam observasi tersebut penulis melihat perkembangan sosial emosional anak belum berkembang secara optimal dan belum mencapai indikator keberhasilan sesuai tahapan usianya. Teori yang membahas tentang perkembangan sosial emosional pada penelitian ini menggunakan teori Erik Erikson sedangkan bermain kooperatif menggunakan teori Santrock maka Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimana perkembangan sosial emosional anak sebelum diberi permainan kooperatif, 2) bagaimana perkembangan sosial emosional anak setelah diberi tindakan bermain kooperatif, dan 3) apakah bermain kooperatif dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak sebelum melakukan permainan kooperatif, 2) mengetahui perkembangan sosial emosional anak setelah melakukan permainan kooperatif dan 3) untuk mengetahui apakah permainan kooperatif dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelas A usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus 4 tahap, yaitu perencanaan pelaksanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleks. Alat pengumpulan data penelitian ini melalui lembaran observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun melalui bermain kooperatif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Muara Tembesi memiliki peningkatan setiap siklusnya. Siklus I pertemuan I 30,67, siklus I pertemuan ke- II 36,14, siklus I pertemuan ke- III 42,18, siklus I pertemuan IV 49,52, siklus II pertemuan ke- I 57,54, siklus II pertemuan ke- II 66,67, siklus II pertemuan ke- III 82,51, siklus II pertemuan ke- IV 88,27 melebihi kriteria nilai ketuntasan 80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan bermain kooperatif dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Muara Tembesi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Sosial Emosional, Bermain Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: WIDYA MELINDA SAPUTRI
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:03
Last Modified: 07 Dec 2020 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15139

Actions (login required)

View Item View Item