MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI

LUSIANA, LUSIANA (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KERETA ANGKA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Lusiana. 2020. Meningkatkan Perkembangan Kognitif dalam Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kereta Angka di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi: Skripsi, PG PAUD FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. K.A. Rahman, S.Ag.,M.Pd.I. dan (II) Dr. Indryani, S.Pd.,M.Pd.I. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Kemampuan Berhitung, Permainan Kereta Angka Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada anak usia 5-6 tahun dikelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi. Dalam observasi tersebut permasalahan itu timbul karena kemampuan berhitung anak belum optimal, anak masih menemukan kesulitan dalam berhitung, anak belum mengenal lambang bilangan dengan baik. Penelitian ini menggunakan teori Piaget, untuk membahas perkembangan kognitif, kemampuan berhitung menggunakan teori Paimin, sedangkan permainan kereta angka menggunakan teori Putra Samara. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimana perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung sebelum diberikan tindakan permainan kereta angka, 2) bagaimana perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung setelah diberikan tindakan permainan kereta angka dan 3) apakah permainan kereta angka dapat meningkatkan perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak sebelum diberikan tindakan 2) mengetahui perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak sesudah diberikan tindakan dan 3) mengetahui hasil peningkatan perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak melalui permainan kereta angka. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 anak pada kelas B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi. Hipotesis tindakan yaitu melalui permainan kereta angka dapat meningkatkan perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan, perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak sebelum adanya tindakan masih belum meningkat dengan baik dengan nilai 25,22 dalam kategori belum berkembang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata pertemuan I 37,46, pertemuan II 41,28, pertemuan III 46,72, dan pertemuan IV 51,35. Siklus II pertemuan I 62,64, pertemuan II 75,25, pertemuan III 81,98, pertemuan IV 85,95. Kesimpulan penelitian ini adalah “permainan kereta angka dapat meningkatkan perkembangan kognitif dalam kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi”.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (1) Dr. K.A. Rahman, S.Ag.,M.Pd.I. dan (II) Dr. Indryani, S.Pd.,M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Kemampuan Berhitung, Permainan Kereta Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: LUSIANA
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:59
Last Modified: 07 Dec 2020 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item