Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Posing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi

Novtaliany, Sastalika (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Posing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. COVER-dikonversi.pdf

Download (47kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf

Download (145kB)

Abstract

Novtaliany, Sastalika. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Posing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd (II) Novferma, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Problem Posing, Kepercayaan Diri, Model Four-D. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kepercayaan diri sebagai tujuan pembelajaran matematika pada ranah afektif. Siswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan lebih termotivasi dan lebih menyukai pembelajaran matematika, sehingga prestasi belajar matematika dan kinerja siswa dalam belajar lebih optimal. Untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dibutuhkan suatu bahan ajar berupa LKPD berbasis problem posing. Penelitian ini bertujuan menghasilkan lkpd berbasis problem posing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada materi koordinat kartesius. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi pada Agustus 2020. Langkah-langkah penyusunan dan pengembangan LKPD menggunakan model 4-D (four-D) yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu define, design, dan development. Tahap development pada uji coba pengembangan dilakukan secara online dengan pembelajaran daring/home learning dikarenakan kondisi pandemic covid-19. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi materi dan desain, angket respon guru dan siswa, serta angket kepercayaan diri siswa dan tes hasil belajar. Pada penelitian ini tidak dilakukan observasi pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan atas sikap siswa selama proses pembelajaran, sehingga kepercayaan diri siswa hanya dilihat berdasarkan hasil angket akhir kepercayaan diri yang diberikan setelah pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis problem posing. Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan LKPD berbasis problem posing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada materi koordinat kartesius untuk siswa kelas VIII SMP; 2) hasil penilaian ahli materi sebesar 82,35% dengan tingkat kevalidan “valid” dan penilain ahli desain sebesar 80% dengan tingkat kevalidan “valid”; 3) memperoleh penilaian kepraktisan oleh guru sebesar 82,66% dengan tingkat kepraktisan “praktis” dan penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 90,66% dengan tingkat kepraktisan “sangat praktis”; 4) kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar terdapat 17 orang siswa yang mencapai ≥ 70 sehingga persentase ketuntasan mencapai 77,27% sedangkan hasil angket kepercayaan diri siswa 100% dengan kriteria sangat efektif. LKPD berbasis problem posing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran pada materi koordinat kartesius.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SASTALIKA NOVTALIANY
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:58
Last Modified: 01 Dec 2020 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15142

Actions (login required)

View Item View Item