PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 17 KOTA JAMBI

LESTARI, SRI HELVITA (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh Lingkungan Sosial di Sekolah Terhadap Minat Belajar siswa di SMPN 17 Kota Jambi Nama : Sri Helvita Lestari NIM : A1E116102 Dosen Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.pd Dosen Pembimbing II : Dr. Siti Amanah S.Pd, M.Pd Sekolah adalah pendidikan formal yang merupakan sarana yang secara sengaja dirancang untuk berlangsungnya proses belajar mengajar. lingkungan belajar khususnya lingkungan sosial disekolah termasuk kedalam faktor pendukung keberhasilan belajar. lingkungan sosial disekolah yang baik dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Maka dari itu hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan (1) Seberapa besar gambaran lingkungan sosial disekolah siswa kelas VIII di SMPN 17 Kota Jambi (2) Seberapa besar gambaran minat belajar siswa kelas VIII di SMPN 17 Kota Jambi (3) Apakah terdapat pengaruh lingkungan sosial disekolah terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMPN 17 Kota Jambi. Jenis penelitian adalah Kuantitatif Survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 17 Kota Jambi yang berjumlah sebanyak 336 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Simple Rendome Sampling dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanayak 77 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis, dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS version 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Terdapat pengaruh positif lingkungan sosil di sekolah. Dilihat dari hasil tabel anova diketahui nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan diketahui nilai t hitung sebesar 11, 590 bersifat positif. Pengujian akhir analisis regresi dengan nilai determinasi sebesar 0,642 yang artinya 0,60% dengan kategori tinggi atau kuat minat belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan sosial disekolah, dengan demikian semakin baik lingkungan sosial siswa disekolah maka akan semakin tinggi pula minat belajar siswa. Kata kunci : Lingkungan Sosial di Sekolah dan minat belajar

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Dosen Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.pd Dosen Pembimbing II : Dr. Siti Amanah S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sosial di Sekolah dan minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI HELVITA LESTARI
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:51
Last Modified: 02 Dec 2020 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item