Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Untuk Siswa Kelas XI SMA.

Sulaika, Siti and Hamidah, Afreni and Natalia, Desfaur (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Untuk Siswa Kelas XI SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
0. Cover luar.pdf

Download (374kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text
1. BAB-I ( REVISI SIDANG).pdf

Download (185kB)
[img] Text
5. BAB V (REVISI SIDANG).pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi Berbabasis Lectora Inspire pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Adyaksa Kota Jambi pada September 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, 1 orang guru mata pelajaran biologi, siswa kelompok kecil yang terdiri atas 6 orang, siswa kelompok besar yang terdiri atas 26 orang. Penelitian kelompok kecil dan besar dilaksanakan dimasa pandemik Covid-19 maka untuk ujicoba dilakukan secara online melalui via grup whatshap. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat banyak membawa manfaat bagi kehidupan manusia sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan salah satu masalah yaitu tidak tercapainya tujuan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, teknologi sangat dibutuhkan untuk pembuatan media pembelajaran. Salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire. Berdasarkan hasil penelitian, validasi oleh ahli media diperoleh skor akhir 85,4% dengan kategori “sangat baik” dan validasi ahli materi diperoleh skor akhir 83,3% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian oleh guru bidang studi biologi diperoleh persentase sebesar 81,3% dengan kategori “sangat baik”. Uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 77,78% dengan kategori “baik” dan untuk uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 84,4% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Lectora Inspire yang dikembangakan telah layak digunakan pada kegiatan pembelajaran dikelas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SITI SULAIKA
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:50
Last Modified: 18 Dec 2020 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15155

Actions (login required)

View Item View Item