Priono, Slamet and Suhandi, Andi and Pamela, Issaura Sherly (2020) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR UMBUL BERBASIS BERMAIN PADA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover dan daftar isi slamet-dikonversi.pdf Download (57kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
|
Text
LAMPIRAN-dikonversi-compressed.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
Abstract
ABSTRAK Priono, S. 2020. Pengembangan Media Gambar Umbul Berbasis Bermain pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Media, Gambar Umbul, Bermain, Jenis-Jenis Pekerjaan Tujuan pada pelitian ini adalah untuk menjelaskan prosedur pengembangan dan mengembangan media gambar umbul berbasis bermain pada subtema jenis- jenis pekerjaan di kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis, untuk memudahkan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran serta menambah variasi mengajar agar lebih menarik minat peserta didik dalam IPS jenis-jenis pekerjaan, juga melestarikan permainan tradisional Indonesia Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) analyze, menganalisis kebutuhan peserta didik, kurikulum, dan karakteristik peserta didik. 2) design, membuant rancangan Media Gambar Umbul yang berdasarkan dengan hasil pada tahap analisis. Rancangan dibuat dalam bentuk storyboard dan prototype. 3) development, meliputi pembuatan produk, melakukan validasi instrumen, validasi pembelajaran, validasi validasi media. 4) implementation, menguji media gambar umbul yang telah dikembangkan pada kelompok kecil dengan menggunakan angket yang disiapkan untuk melihat tingkat kepraktisannya. 5. Evaluation, melakukan kegiatan evaluasi dari setiap tahap pengembangan untuk melihat perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan pada media yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berada dalam kategori valid, dan sangat praktis. Valid dalam hal ini bahwasanya media gambar umbul telah sesuai dan mudah digunakan oleh guru. Hal tersebut terlihat dari: 1) hasil kevalidan produk oleh validator ahli pembelajaran mendapatkan skor sebesar 72% (valid) yang berarti pembelajaran dengan media gambar umbul sudah sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran. Serta hasil validasi media sebesar 90% (Sangat valid) yang berarti desain media gambar umbul mudah digunakan dan tampilannya sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik; 2) hasil kepraktisan produk oleh guru yang mendapatkan skor sebesar 100% (sangat praktis) berarti guru merespon media gambar umbul mudah digunakan dalam pembelajaran, awet, serta dapat membuat siswa tertarik dengan medianya, kemudian hasil kepraktisan oleh peserta didik sebesar 87% (sangat praktis) berarti siswa merespon bahwasanya media ini sangat menarik untuk belajar, mudah digunakan oleh peserta didik dan tampilanya membuat anak senang menggunakanny
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SLAMET PRIONO |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 06:48 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15161 |
Actions (login required)
View Item |