Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi.

Efriyani, Mery Fitria and Hamidah, Afreni and BUDIARTI, RETNI SULISTIONING (2017) Analisis Pelaksanaan Manajemen Laboratorium Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. repository UNja. pp. 1-7.

[img] Text
Jurnal 20.pdf

Download (188kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/2385/

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan salah satu mata pelajaran sains yang dalam penerapannya membutuhkan kemampuan berfikir kritis. Salah satu syarat dalam pembelajaran biologi adalah praktikum yang dilaksanakan dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum.Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang dialami oleh guru biologi dalam pelaksanaan kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi sehingga pelaksanaan kegiatan praktikum menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Muaro Jambi pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti sebanyak 3 guru dan 60 siswa dari SMA Negeri 1, 3 dan Titian Teras. Penelitian ini mengamati tiga tahap dalam kegiatan praktikum, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan penutupan kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi. Analisis data didapatkan dengan mempersentasekan skor yang didapat dari angket siswa dan lembar observasi dan skor akan dikatergorikan sesuai dengan nilai yang didapatkan. Diperoleh persentase dari keseluruhan, yaitu SMAN 1 (87,74%), SMAN 3 (84,89%), dan SMAN Titian Teras (90,61%) yang dikategorikan sangat baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan praktikum pada pembelajaran biologi yang terdiri atas tahap persiapan (82,24%), pelaksanaan (90,43%) dan penutupan (88,20%) di SMA Negeri Kabupaten Muaro Jambi secara keseluruhan dinyatakan terlaksana dengan baik. Setelah dilakukannya penelitian ini diharapkan guru lebih meningkatkan kegiatan evaluasi praktikum seperti mengadakan post-test dan mengevaluasi laporan hasil pengamatan siswa

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Hamidah
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:00
Last Modified: 25 Mar 2021 03:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15176

Actions (login required)

View Item View Item