Abdiana, Indah (2020) PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR TENTANG KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA JAMBI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NURUL KHOIR KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Skripsi Indah Abdiana.pdf Download (4MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (151kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (370kB) |
Abstract
Abdiana, Indah. 2020. Pengembangan Buku Bergambar Tentang Kecerdasan Logika Matematika Berbasis Budaya Jambi Pada Anak Kelompok B Di TK Nurul Khoir Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Buku Bergambar, Logika Matematika, Budaya Jambi. Kecerdasan logika matematika pada anak adalah kecerdasan yang dimiliki anak dalam memahami angka-angka sesuai dengan rentang usia yang dimiliki anak. Kecerdasan logika matematika pada anak adalah kecerdasan yang memperlihatkan pemahaman anak dalam mengenal bilangan atau angka-angka yang menghubungkan contoh benda konkret berdasarkan pada kenyataan atau kehidupan sehari-hari anak. Sehingga anak dapat menujukkan benda-benda apa saja yang bisa dihubungkan dengan lambang bilangan. Berdasarkan hasil wawancara pada salah satu guru kelas B1 di Taman Kanak-Kanak (TK) Nurul Khoir Kota Jambi mengatakan bahwa dalam mengenal konsep bilangan masih ada beberapa anak yang kesulitan dan belum menguasai bilangan. Dan pada saat proses kegiatan pembelajaran dikelas, guru jarang mengajarkan unsur budaya Jambi pada anak karena kuangnya media pembelajaran atau buku tentang budaya Jambi. Maka dari itu perlu buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi Penelitian ini betujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi, untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi dari segi kevalidan dan kepraktisan, dan untuk mengetahui respon anak terhadap buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE. Adapun langkah-langkahnya (1) tahap analisis mencakup; analisis karakteristik anak, analisis materi, (2) tahap desain meliputi; persiapan pembuatan produk, membuat flowchart dan story board, serta penyusunan instrumen penilaian, (3) tahap pengembangan; validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, (4) implementasi meliputi; ujicoba praktisi dan ujicoba kelompok kecil, (5) tahap evaluasi meliputi perbaikan dari setiap tahap ADDIE. Hasil penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi pada anak kelompok B di TK Nurul Khoir kota Jambi yang di kembangkan dikategorikan sangat baik atau ”valid” dengan penilaian dari ahli materi dengan persentase 85,34% dan ahli media dengan persentase 84,09%. Penilaian praktisi dengan presentase 98% yang dikategorikan sangat baik atau “praktis” sehingga layak untuk diujicoba pada kelompok kecil. Pada ujicoba kelompok kecil respon anak terhadap buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi diperoleh presentase 92,78% yang dikategorikan “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan buku bergambar tentang kecerdasan logika matematika berbasis budaya Jambi layak digunakan oleh anak kelompok B dalam mengenalkan lambang bilangan melalui objek budaya Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Buku Bergambar, Logika Matematika, Budaya Jambi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | INDAH ABDIANA |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 03:26 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 03:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15211 |
Actions (login required)
View Item |