DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY MATEMATIS PESERTA DIDIK SMPN 16 KOTA JAMBI

Agraini, Shierly Duva (2020) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY MATEMATIS PESERTA DIDIK SMPN 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
SKRIPSI SHIERLY DUVA AGRAINI. S_A1C216057.pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER SHIERLY DUVA AGRAINI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
halaman pengesahan shierly.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (366kB)

Abstract

Agraini, Shierly Duva. 2020. Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) untuk Meningkatkan Self-Efficacy Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : LKPD, Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery), Self-Efficacy Matematis, Model Pengembangan ADDIE Yang melatar belakangi penelitian ini adalah pada kurikulum 2013 revisi 2017 yang berlaku, kemampuan yang dinilai bukan hanya kemampuan kognitif tetapi kemampuan afektif merupakan kompetensi yang sangat penting. Salah satu komponen afektif adalah konsep diri, salah satu dari konsep diri adalah self-efficacy. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan self-efficacy matematis peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) untuk mendukung self-efficacy matematis peserta didik yang akan dilaksanakan pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi dengan subjek penelitian yakni siswa kelas VIII. Hasil penelitian: 1) penelitian menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) untuk meningkatkan self-efficacy matematis peserta didik pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP; 2) penilaian kriteria kevalidan LKPD dari ahli desain diperoleh sebesar 80% dengan kriteria valid dan penilaian dari ahli materi sebesar 81,91% dengan kriteria valid; 3) penilaian LKPD untuk kriteria kepraktisan oleh pendidik sebesar 89,6% dengan kriteria sangat praktis dan diperoleh penilaian kepraktisan oleh peserta didik sebesar 84,48% dengan kriteria praktis; 4) penilaian LKPD untuk kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar sebesar 77,78% dengan kriteria efektif dan untuk angket akhir keyakinan diri peserta didik diperoleh sebesar 100% dengan kriteria sangat efektif. Sehingga menurut Nieveen LKPD yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan self-effiicacy matematis peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SHIERLY DUVA AGRAINI. S
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:56
Last Modified: 10 Dec 2020 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item